Google Groups
Forum Melilea Indonesia
Visit this group

20080628

Sebab Medis Bayi Sering Terbangun di Malam Hari

Sebab Medis Bayi Sering Terbangun di Malam Hari

Pendekatan cry-it-out (membiarkan bayi menangis) untuk membuat bayi tidur lebih lama akhirnya membuat dokter dan orangtua menganggap bayi yang bangun di malam hari otomatis mempunyai kebiasaan tidur buruk, padahal bisa saja bayi terbangun karena kesakitan yang tak terdeteksi. Curigailah bahwa terdapat alasan medis di balik seringnya bayi anda terbangun di malam hari, bila :
-bayi terbangun dengan sakit perut bertipe kolik
-bayi ‘penidur’ tiba-tiba menjadi bayi yang tidurnya gelisah
-terdapat tanda-tanda lain atau gejala penyakit
-bayi menangis terus tanpa bisa ditenangkan
-intuisi anda mengatakan ada sesuatu yang salah
-tidak ada sebab lain yang jelas

Ini adalah sebab-sebab penyakit umum dari bangun malam yang biasanya tersembunyi karena tidak terlalu kelihatan seperti infeksi telinga, tumbuh gigi, atau infeksi sistem kencing.

1.Gastroesophageal reflux (GER) — ketika bayi berbaring telentang, asam lambung yang menyebabkan iritasi dikeluarkan dalamesophagus, menyebabkan yang sering disebut “heartburn.” Sebutkan kemungkinan ini pada dokter anda, karena GER dapat sukses ditangani dengan memberikan makanan lebih sering dalam porsi kecil, memiringkan tempat tidur bayi 30 derajat, dan pengobatan.

2. Alergi makanan — seperti alergi pada susu formula atau susu sapi yang diminum ibu menyusui. Dugalah hal ini apabila bayi gelisah sepanjang malam dan sering (maaf) kentut.

3. Infeksi Telinga — Bila bayi mengeluarkan cairan kuning dari hidung dan/atau matanya.

4. Cacing Kerawit (Pinworm) — Bila balita atau anak yang lebih besar bangun dengan tanda goresan disekitar anus, anggota keluarga lain sedang cacingan, atau anda melihat pita putih kecil mirip cacing disekitar anus bayi atau di pergerakan perutnya di malam hari.

Bayi yang sering terbangun karena sebab medis mungkin juga menderita kolik dan gelisah sepanjang hari, tetapi tidak selalu. Jika anda menduga terdapat sebab medis, teruslah mennyelidiki bersama dokter anda sebagai partner, sampai ditemukan penyebab dan pengobatannya.

Sumber : dayutiwi.wordpress.com

No comments:

Kata-kata Hikmah..! Jelang Pemilu, Jangan Golput ! Di Pemilu 2009